Selamat Datang di Website SMK Al-Fudhola' Pamekasan

selamat datang

selamat datang

Selamat hari raya aidiladha


WELCOME IN SMK AL-FUDHOLA'

SMK AL-FUDHOLA' adalah sebuah sekolah menengah kejuruan dengan jurusan TKJ (teknik komputer jaringan) yang mana dengan kemajuan tekologi saat ini kami bermaksud meningkatkan kemampuan teknologi khususnya di bidang komputer, kami bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa dengan pengetahuan komputer dan akhlak yang mulia. 

Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar

Setelah kita selesai dalam tahapan merakit computer maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah menginstall Operating System dan Aplication Software. Untuk
operating system kita bisa menggunakan misalnya Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Linux dll. Setelah nanti kita menginstall Operating System langkah selanjutnya kita jangan sampai lupa untuk menginstall Driver Motherboard, ataupun driver-driver yang lainnya yang di anggap perlu dan wajib untuk di install seperti Driver VGA, Driver Sound, Driver Modem dll. Apabila Operting System dan Driver-Driver sudah terinstall maka yang selanjutnya kita lakukan adalah menginstall Aplication Software seperti Microsoft Office, Open Office, Acrobat Reader, Winamp, dan software-software aplikasi yang lain sesuai dengan kebutuhan si pemilik computer.

Sekarang kita akan melakukan installasi system operasi, OS yang akan kita install disini yaitu OS windows xp. Langkah-langkah dalam menginstall windows xp yaitu :

1. Siapkan Cd Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa
booting/bootable).
2. Ingat Komputer anda harus memiliki CD-ROM.
3. Backup data/documents apa saja yang menurut anda penting yang ada didalam drive
C ke drive lainnya misal ke drive D, apabila sebelumnya computer anda sudah
terinstall system operasi dan diletakkan pada drive C. Karena semua
data/program yang ada didalam drive C semuanya akan hilang, kecuali anda
merepair/memperbaiki maka data/program yang ada di drive C tidak akan hilang.
4. Siapkan Cd driver yang dibutuhkan oleh computer anda, seperti driver
motherboard, sound, dan driver VGA card.
5. Setelah semuanya siap maka kita langsung aja lanjutkan ke tahap proses
nstalasi.

Menerapkan Fungsi Periferal & Instalasi PC

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

gambar-211.jpg
keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
mouse
perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
gambar-213a.jpg
Touch Pad
gambar-213b.jpg
Touch Pad Track Ball
gambar-213c.jpg
Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
gambar-217.jpg
Barcode Reader
gambar-216.jpg
contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
graphics_pads

2. Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
power supply
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini
RAM
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
kartu grafis
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini
prosesor
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
motherboard

3. Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
monitor
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail
printer
speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
speaker

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
harddisk

5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail

kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
kartu suara

referensi: rudihd.wordpress.com, id.wikipedia.org

Profil SMK AL-FUDHOLA' Pamekasan



Perkembangan teknologi semakin hari yang mengharuskan lembaga pendidikan senantiasa berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan ke arah yang lebih maju dan sesuai dengan perkembangan zaman. Peningkatan mutu pendidikan tentunya sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu kesiapan manajemen pendidikan, tenaga pendidikan yang berkualitas, kondisi serta tak kalah penting adalah kemudahan atau aksebilitas siswa dalam memperoleh fasilitas pendidikan. Hal inilah yang membuat
Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al-Fudhola yang beralamat di Jl. Veteran Muda 1/15 dengan Akte Notaris, No. 07 tgl/bln/th 27 November 1993 mendirikan SMK AL FUDHOLA’.
Sukses mendirikan SMP Tahfids dan SMA Tahfids dalam satu area yayasan / pondok pesantren,  Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al-Fudhola’pun mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan AL-Fudhola’ yang didirikan pada 16 Juli 2007 dan merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Pamekasan dengan program/jurusan Tehknik Komputer dan Jaringan, dengan identitas sebagai berikut :
Nama                                            : SMK AL-FUDHOLA’ PAMEKASAN
Status                                           : Negeri
NSPN                                           : 20552766
Program Keahlian yang dibuka    : Teknik Komputer dan Jaringan
Kepala Sekolah                            : Muhammad Suhri, S.PdI
Alamat Sekolah                            : Jl. Trunojoyo Pamekasan Jawa Timur

SMK AL-FUDHOLA’ PAMEKASAN yang berdiri Tahun 2007 ini, mempunyai kurikulum tingkat pendidikan Mata Pelajaran Umum yang tidak beda dengan SMK Negeri. Dan menyediakan asrama bagi siswa/siswinya dengan syarat didaftarkan sebagai santri dan bersedia mengikuti program pesantren. Dengan fasilitas yang tersedia, SMK ini siap membantu mendidik/melatih/membina siswa(i) lulusan, harapan orang tua, bangsa dan agama.

Visi dan Misi



Soal UTS (Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar)

Kerjakan di kertas A5 (separuh dari kertas folio/F4)!!!!
jangan lupa identitas harus ada terutama nama!!

---------------------------------------------------------------------------
  1. Apa yang dimaksud dengan Sistem operasi?
  2. Apa yang dimaksud dengan serial number dalam proses instalasi?
  3. Dalam sistem komputer dikenal istilah driver/adapter. Dalam hal ini, apakah yang dimaksud dengan driver tersebut?
  4. Jelaskan langkah langkah Instalasi Windows XP ?
  5. Apa kepanjangan dari BIOS

STRUKTUR ORGANISASI








MELAKUKAN INSTALASI SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS GUI


MELAKUKAN INSTALASI SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS GUI
SMK AL-FUDHOLA’ PAMEKASAN
Jl.  Trunojoyo Gg. 1 Pamekasan

SISTEM OPERASI
Sistem Operasi adalah suatu pengelola sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan kepada pemakai (user) sehingga memudahkan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer .

JARINGAN KOMPUTER
Jaringan Komputer adalah Hubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya untuk mendapatkan sharing sumber daya.

SISTEM OPERASI PADA JARINGAN KOMPUTER
Pada jaringan komputer Sistem Operasi digunakan untuk mengorganisasi seluruh sumber daya yang
terdapat dalam jaringan.  Sistem operasi jaringan atau sistem operasi computer yang digununakan sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi komputer Stan Alone, bedanya hanya pada system operasi jaringan, salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer yang lainnya. Sistem operasi jaringan disamping berfugsi sebagai pengelola sumber daya dirinya sendiri juga untuk mengelola sumber daya komputer lain yang terhubung dalam jaringan (client)

GUI (Graphical User Interface) merupakan
tampilan menu suatu program computer dengan mode grafis.

MACAM-MACAM SISTEM OPERASI JARINGAN
1.       Microsoft Windows
1)      Microsoft Windows NT
2)      Microsoft Windows 2000 Server
3)      Microsoft Windows Server 2003
2.       Linux
1)      Redhat
2)      Mandrake
3)      Debian
4)      SUSE
5)      Caldera
3.       UNIX
1)      Free BSD
2)      SanSolaris

KELEBIHAN SISTEM OPERASI WINDOWS DAN LINUX
Mirosoft Windows
  • Mudah
  • Banyak digunakan di instansi dan perusahaan
  • Dukungan Software aplikasi banyak
Linux
  • Free
  • Dikembangkan dengan konsep open source  
  • Dapat dikembangkan dan di distribusikan secara free

SPESIFIKASI HARDWARE
1.       Untuk melihat spesifikasi hardware pada komputer dapat dilihat pada manual book, jika manual book tidak ada dapat dilihat spesifikasi hardware  pada saat komputer pertama kali dinyalakan,  maka system BIOS akan melakukan cek hardware dan akan menampilkannya di layar monitor.
2.       Sistem operasi jaringan yang akan di instal ke komputer server harus disesuaikan dengan spesifikasi hardware yang meliputi :
1)      CPU/Processor
2)      Motherboard
3)      RAM (Random  Acces Memory)
4)      Hardisk
5)      Kartu Grafis (VGA)
6)      Resulusi Monitor

 CPU/Processor
 Merupakan inti dari sebuah mesin computer ada yang menyebutnya sebagai otak komputer .
Motherboard
Merupakan tempat utama untuk meletakkan periferal komputer seperti processor, RAM,
Keyboard, Mouse, Kartu Grafis (VGA Card), Kartu suara (sound Card), dan kartu jaringan(LAN Card).

RAM (Random Acces Memory)
Merupakan memori penyimpanan sementara untuk menjalankan sistem operasi dan program aplikasi.
RAM mempunyai mempunyai beberapa teknologi diantaranya : EDO RAM, SD RAM, DDRAM. 

Hardisk
Hardisk sangat memegang peranan penting berhubungan dengan instalasi sistem operasi. Hardisk merupakan komponen untuk menyimpan data-data secara permanen file-file sistem. Hardisk mempunyai beberapa tipe yaitu IDE, ATA, SATA dan SCSI.

Kartu Grafis (kartu VGA)
berfungsi untuk menghubungkan antara sistem computer dengan tampilan di layar monitor. Kartu VGA
mempunyai jenis dan tipe yang sangat banyak. Teknologi kartu VGA yang digunakan adalah ISA,
EISA, VESA, PCI,AGP dan PCI Express,  sedangkan macamnya antara lain  Voodoo,Nvidia
Gforce (MX, Ti, FX),  Ati Radeon (7200, 9200, 9600, 9800) dan lain sebagainya.

TUGAS
  1. Apa yang dimaksud sistem operasi jaringan dan sistem operasi stand alone!
  2. Jelaskan spesifikasi hardware yang akan di instal sistem operasi jaringan!
  3. Sebutkan macam-macam sistem operasi jariangan!


Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah Hubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya untuk mendapatkan sharing sumber daya.

Ciri-ciri Jaringan Komputer:

  1. Berbagi perangkat keras (hardware).
  2. Berbagi perangkat lunak (software).
  3. Berbagi saluran komunikasi (internet).
  4. Berbagi data dengan mudah.
  5. Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.


Keuntungan dan Kelebihan Jaringan Komputer
  1. Keuntungan utama adalah Resource Sharing (kemampuan berbagi sumber daya)
  2. Reabilitas yang tinggi, terdapatnya sumber-sumber alternatif . Misalnya file yang disimpan dapat di copy (dimiliki) oleh computer yang lain, sehigga jika salah satu komputer rusak data tersebut kemungkinan masih dimiliki oleh komputer lainnya
  3. Penghematan.
  4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas para user
  5. Dimungkinkan dilakukan pemusatan data pada satu komputer saja (misalnya komputer server) untuk meningkatkan pengamanan data
  6. Dimungkinkan terjadinya pengontrolan terhadap penggunaan perangkat komputer yang terdapat dalam jaringan
  7.  Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date
  8. Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif . 

Jaringan Komputer Berdasarkan Skala / Jangkauannya
1.       LAN (Local Area Network)
LAN merupakan suatu jaringan komputer yang jangkauannya masih berada di dalam gedung atau ruangan/lokal.
Manfaat dari LAN
1)      Dapat menghubungkan komputer dalam jumlah banyak.
2)      Akses antar computer, baik untuk tukar-menukar data atau yang lain, berlangsung cepat dan mudah.
3)      Dapat saling bertukar informasi dengan pengguna di luar area apabila terhubung dengan internet.
4)      Dapat membackup data pada komputer lain tanpa harus membongkar harddisk.
5)      Hemat waktu dan biaya dalam pengiriman paket data.

2.       MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan pengembangan dari LAN. Jaringan ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan.
3.       Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan bentuk jaringan computer yang terdiri dari LAN dan MAN. Dan jangkauannya luas.

Berdasarkan Fungsinya Jaringan Dibagi Menjadi 2
1.       Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.  Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer . Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
2.       Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.  Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share  dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B 

Jaringan Berdasarkan Arsitektur Fisik / Topologi
1.       Topoligi BUS
Pada tipe jaringan topologi bus, masingmasing server dan workstation dihubungkan pada sebuah kabel yang disebut bus. Kabel untuk menghubungkan jaringan ini biasanya menggunakan kabel coaxial. Setiap server dan workstation yang disambungkan pada bus menggunakan konektor T .
Kelebihan topologi bus:
·         penggunaan kabel sedikit sehingga terlihat sederhana.
·         pengembangan jaringannya mudah.
Kekurangan topologi bus:
·         membutuhkan repeater untuk jarak jaringan yang t erlalu jauh.
·         jaringan terganggu bila satu komponen rusak.
·         deteksi kesalahan kecil.

2.       Topologi Ring
Pada tipe jaringan topologi ring,  semua jaringan yang  terhubung dari satu komputer ke komputer lain  berkeliling membentuk suatu lingkaran (loop).  Pada topologi ini komputer server  dapat kita letakkan dimana saja sesuai dengan keinginan kita.
Kelebihan topologi ring:
·         hemat kabel.
·         dapat mengisolasi kesalahan dari suatu workstation.
Kekurangan topologi ring:
·         sangat peka terhadap kesalahan jaringan walaupun sekecil apapun.
·         sukar untuk mengembangkan j aringan , sehingga jaringan tersebut tampak kaku.
·         biaya pemasangan lebih besar .

3.       Topologi Star
Pada tipe jaringan ini setiap workstation dihubungkan ke server mengunakan suatu konsentrator .  Masing-masing workstation tidak saling berhubungan.  Jadi setiap user yang terhubung ke server tidak akan dapat saling berinteraksi dan melakukan apa-apa sebelum komputer server dihidupkan.  Apabila computer server kita matikan, makasemua koneksi jaringan akan terputus. Jaringan ini cocok untuk pengembangan.
Kelebihan topologi star:
·         mudah dalam mendeteksi kesalahan jaringan karena kontrol jaringan terpusat.
·         fleksibel dalam hal pemasangan jaringan baru, tanpa mempengaruhi jaringan yang lain.
Kekurangan topologi star:
·         boros dalam pemakaian kabel jika kita hubungkan dengan jaringan yang lebih besar dan luas.
·         kontrol hanya tepusat pada hub/ switch sehingga operasionalnya perlu ditangani secara khusus.

TUGAS
1. Apa yang dimaksud jaringan komputer ?
2. Apa manfaat dari jaringan komputer?
3. Jelaskan jaringan komputer berdasarkan jangkauannya!
4. Jelaskan tentang jaringan computer berdasarkan Fungsinya!
5. Jelaskan kelemahan dan kelebihan dari topo

Mencetak lulusan yang terampil, mandiri, dan siap mengisi dunia usaha/dunia industri